Skip to main content

MUSYAWARAH PEMBENTUKAN MASJID GAMPONG GEUCEU INIEM

          Ahad 5 Juli 2020, bertempat di Meuasah Gampong Geuceu Iniem Kecamatan Banda Raya Kota Banda Aceh telah dilaksanakannya Musyawarah Pembentukan Masjid Gampong Geuceu Iniem. Hadir dalam acara tersebut Keuchik Gampong Geuceu Iniem Bapak hasanuddin Anzib, Imum Gampong Bapak Drs Tgk H. Wujdan M, Ketua Tuha Peut Gampong Bapak Munawar beserta anggota, beberapa tokoh masyarakat seperti Bapak Azwar Abu Bakar, Bapak Hamdani Yunus, Bapak Nasir Gurumud, Bapak Zakaria AG, Bapak Sulaiman Ali, Para Aparatur Gampong Geuceu Iniem, serta warga masyarakat Gampong Geuceu Iniem yang diundang khusus dalam acara ini.

 

1
Gambar Pembukaan Musyawarah

 

Berikut Roundown Acara yang dikemas khusus dalam acara ini :

No. Waktu Sessi Keterangan
1 09.00 - 09.05   Opening Moderator
2 09.06 - 09.55 Kata Sambutan dan Penyampaian Maksud serta Tujuan  Peningkatan Meunasah Gampong Menjadi Masjid Gampong Geuceu Iniem Keuchik Gampong
3 09.56 - 10.10 Penetapan Nama Masjid Gampong Geuceu Iniem All Participant
4 10.11- 12.00 Pemilihan Kepengurusan Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Gampong Geuceu Iniem All Participant
5 12.01 - 12.20 Pengukuhan serta Penutupan Musyawarah Keuchik Gampong
6 12.21 - 12.40 Pembacaan Do'a Imam Gampong

 

Keuchik Gampong Geuceu Iniem Bapak Hasanuddin Anzib, dalam sambutannya menyampaikan maksud dan tujuan

diadakannya  musyawarah ini adalah bedasarkan keinginan masyarakat yang berkembang selama ini yaitu adanya Harapan masyarakat tentang peningkatan Meunasah Gampong Menjadi sebuah Masjid Gampong. Bedasarkan Aspirasi masyarakat tersebut,  Keuchik Gampong berupaya menginisiasi untuk mengadakan Musyawarah ini.

Selanjutnya Keuchik Gampong menyampaikan historis berdirinya Meunasah Gampong Geuceu Iniem ;

Tepatnya di Tahun 1950-an Pada Masa Keuchik Umar Yang Memimpin 3 (Tiga) Gampong yaitu Geuceu, Lamteumen dan Surien) Meunasah Gampong berbentuk Meunasah Panggung yang merupakan tempat Ibadah Gampong dan Berpindah-pindah.
m
Keuchik Gampong
Pada Masa Keuchik Ali Tahun 1960 – 1972 Meunasah Gampong Geuceu Iniem Telah Berbentuk Meunasah Tetap yang berlokasi di Gampong Geuceu Iniem.
Pada Masa Keuchik Hasyim Tahun 1972 – 1980 Meunasah Gampong Menjalani beberapa Perubahan Kontruksi dari Lantai  Kayu Kemudian Menjadi Lantai tanah/Semen.
Pada Masa Keuchik Jailani Tahun 1982 Meunasah Gampong Geuceu Iniem Berubah bentuk Menjadi Meunasah Permanen hingga saat ini.
Pada Masa Keuchik Hamdani Yunus Tahun 2000-an Meunasah Gampong Geuceu Iniem  Mengalamai perubahan seperti penigkatan lantai ke keramik halaman Meunasah telah lebih luas sehingga meunasah terlihat dengan tananan yang lebih asri dihalamannya.
Di Tahun 2008 Saat Kepemimpinan Keuchik Hasanuddin Anzib Meunasah Gampong Selanjutnya Mengalami Perubahan Bentuk ditandai adanya kubah dan Meunara, pergantian dari lantai keramik menjadi Granit dan juga pemasangan AC untuk kenyamanan Jamaah dalam beribadah.
 

Setelah Penyampaian dan Penjelasan dari Keuchik Gampong tentang maksud diadakannya musyarawah ini, maka acara selanjutnya adalah forum dibuka untuk para hadirin peserta rapat untuk memberikan masukan tentang apakah Meunasah Gampong Geuceu Iniem telah ideal untuk ditingkatkan menjadi Masjid Gampong. Masukan dan saran dari peserta musyawarah tentang peningkatan meunasah menjadi masjid dari kriteria sebuah mesjid, apakah nantinya masjid yang terletak di Gampong Geuceu Iniem nantinya apakah bisa dilaksanakan Sholat Jum'at sedangkan jarak dengan masjid sekitarnya agak berdekatan. Kesemua masukan dan saran tersebut pastinya menjadi acuan untuk diputuskannya status peningkatan Meunasah Menjadi Masjid Gampong. Memang dalam musywarah ini lebih banyak masyarakat yang menyetujui serta mendukung Meunasah Gampong Menjadi sebuah Masjid, namun menetapkan atau membangun sebuah Masjid semestinya harus melalui beberapa Tahapan yang memang harus dijalani dari kriteria, izin dan lainnya.

Setelah menerima masukan dan arahan dari para hadirin, maka disepakatilah untuk membentuk Kepanitian Persiapan Masjid Gampong Geuceu Iniem yang nantinya kan mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan legalitasnya Pembentukan sebuah Masjid Gampong.

 

4
Gambar Peserta Musyawarah

Dalam Memilih komposisi kepanitiaan ini bedasarkan forum musyawarah gampong dan  bedasarkan penjaringan maka muncullah beberapa nama calon kepanitiaan persiapan masjid yaitu Bapak Zakaria AG, Bapak Sulaiman Ali, Bapak Dr. Iskandar, Bapak Murni Marc, Bapak Ir. Mawardi, Dr. Azwar Risyad dan Bapak Saiful Anwar,  . Setelah nama tersebut diterima dan dimumkan  maka selanjutnya dibentuk team kecil yang menghadirkan beberapa tokoh masyarakat dan juga para calon terpilih dalam Musyawarah untuk duduk bersama memilih ketua serta para pengurus inti dalam Kepanitiaan ini. Team ini terdiri dari  Bapak Azwar Abu Bakar, Keuchik Gampong Bapak Hasanuddin Anzib, Imum Gampong Drs. Tgk. H. Wujdan, Ketua TPG Bapak Munawar dan 7 (tujuh) Calon yang dipilih bedasarkan penjaringan dalam musyawarah ini.

0
Gambar Tim Kecil Pemeilihan Ketua Kepanitian Masjid

Setelah berembuk tim kecil ini selanjutnya memilih Bapak Zakaria AG untuk menjadi Ketua Panitia Persiapan Pembentukan Masjid Gampong Geuceu Iniem. Kepada Panitia ini diberikan waktu 25 (dua puluh lima) hari kerja untuk mempersiapkan seluruh personalia kepanitian, membuat study kelayakan sebuah  masjid serta nantinya akan berkonsultasi dengan MPU untuk penetapan sebuah Masjid Gampong sampai dengan penetapan Legalitas Penetapan Sebuah Masjid Gampong.

98
Gambar Ketua Panitia Terpilih

Acara musyawarah ini ditutup dengan do'a yang dibacakan oleh Tgk. Mulyadi agar acara ini mendapatkan Berkah dan Ridha dari Allah SWT.

Demikian Pelaksanaan Musyawarah Gampong Geuceu Iniem, semoga niat baik dan cita-cita masyarakat gampong tentang peningkatan meunasah menjadi masjid dapat tercapai dalam waktu dekat ini. Aamiin YRA.

TQCamerament#OpahAzhar